Mengapa Hari Pahlawan Perlu Dipeeringati

Mengapa Hari Pahlawan Patut Diperingati?


   Peristiwa tanggal 10 November 1945 merupakan peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Britania Raya. Peristiwa besar ini terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Kota Surabaya, Jawa Timur . Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap Kolonialisme.
     Seperti yang kita tau peristiwa tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Semua rakyat Indonesia melaksanakan upacara pengibaran bendera pada tanggal 10 November. Hari pahlawan sendiri merupakan hari untuk memperingati Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945 dimana para tentara seperti Bung Tomo,dan beberapa tokoh yang datang dari latar belakang agama seperti KH. Hasyim Asy'ariKH.Wahab Hasbullah serta kyai-kyai pesantren lainnya juga mengerahkan santri-santri mereka dan masyarakat sipil sebagai milisi perlawanan (pada waktu itu masyarakat tidak begitu patuh kepada pemerintahan tetapi mereka lebih patuh dan taat kepada para kyai/ulama) dan misili Indonesia yang pro-kemerdekaan Jepang berperang melawan Britania Raya dan Belanda yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia.
   Revolusi Nasional Indonesia adalah sebuah konflik bersenjata dan pertentangan diplomasi antara Republik Indonesia yang baru lahir melawan Kerajaan Belanda yang dibantu oleh pihak Sekutu, diwakili oleh Inggris. Rangkaian peristiwa ini terjadi mulai dari proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 hingga pengakuan kemerdekaan Indonesia oleh Kerajaan Belanda pada 29 Desember 1949. Meskipun demikian, gerakan revolusi itu sendiri telah dimulai pada tanggal 20 Mei tahun 1908, yang saat ini diperingati sebagai tahun dimulainya kebangkitan nasional Indonesia. Sampai saat ini, 20 Mei ditetapkan sebagai hari kebangkitan nasional Indonesia.  Dan untuk informasi kalian, Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tanggal 10 November 1945. Setidaknya  merenggut kira-kira 6,000 - 16,000 pejuang dari pihak Indonesia dan 200,000 rakyat sipil mengungsi dari Surabaya. Dan Tentara sekutu sebanyak 600 - 2000 tentara. Dikarenakan jumlah korban yang sangat banyak maka dari itu tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan bagi rakyat Indonesia yang bertujuan untuk mengenang banyaknya para pahlawan yang gugur serta korban jiwa karena pertempuran itu.
   Kembali ke topik pertama “ Mengapa Hari Pahlawan Patut Diperingati?” Menurut saya para Pahlawan memang harus diperingati sebagai ucapan terima kasih kepada pahlawan yang gugur serta korban jiwa di peristiwa itu. Menurut saya kita mungkin saja tidak mengenal yang namanya smartphone, PC, printer.dll. menurut saya pengorbanan rakyat Indonesia sangatlah banyak , yang membuat kita bisa mengambil pelajaran bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia ini merdeka karena tumpah darah dan taruhan nyawa para pahlawan pahlawan Indonesia yang terlebih dahulu gugur mendahului kita.

Seharusnya kita sebagai penerus bangsa, mempunyai kewajiban untuk mempertahankan bangsa ini dengan membuat prestasi prestasi dengan hasil jernih payah kita sendiri bukan hasil dari korupsi, suap atau pun yang lainnya yang ,erusak moral bangsa dan fisik bangsa yang sudah dibangun oleh para pahlawan pahlawan terdahulu. Kita tidak boleh meremehkannya, mereka sudah membuat negara Indonesia ini. Apa kita mau membuat perjuangan pahlawan kita yang sudah gugur terlebih dahulu sia-sia?.. tentu kita tidak mau bukan?. Mereka sudah membangun ini dengan tumpah darah, tapi kita hanya menikmati hasil yang sudah meraka bangun. Jadi hargailah pahlawan pahlawan terdahulu kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGALAMAN MPLS DI SMP LABSCHOOL JAKARTA

CARA MEMBUAT BLOG DAN CARA MENGELOLANYA

Pengalaman Liburan Kenaikan Kelas